Cara Klaim Asuransi Motor Hilang BAF Dan FIF

Setiap orang pasti tidak ingin mengalami musibah. Akan tetapi, musibah bisa saja datang kapan pun tanpa ada pertanda. Seperti contoh kehilangan kendaraan sepeda motor. Hilangnya motor kebanyakan terjadi karena ada tindak kriminal. Jika kendaraan Anda hilang jangan khawatir. Anda harus tahu cara klaim asuransi motor hilang BAF dan FIF

Prosedur Klaim Asuransi Motor Hilang BAF

Jika Anda mengalami kehilangan motor, tidak perlu panik dan harus tetap tenang. Kemudian lakukan prosedur seperti di bawah ini untuk mengklaim kepada pihak asuransi.

  1. Melapor pada pihak asuransi

Anda bisa langsung melaporkan kejadian hilangnya motor Anda kepada pihak asuransi. Laporan bisa langsung ditujukan kepada asuransi atau bisa lewat agen. Anda bisa menghubungi via telepon atau email. Waktu yang dibatasi maksimal 72 jam setelah motor hilang.

Setelah melaporkan kehilangan tersebut, Anda akan diwawancarai oleh pihak asuransi. Pertanyaan yang dilontarkan bisa berupa kapan, bagaimana, dan kenapa motor milik Anda bisa sampai menghilang. Saat wawancara berlangsung, pastikan untuk memberikan jawaban dan keterangan yang jelas, rinci, dan jujur.

Jika kendaraan motor Anda tersebut masih dalam masa kredit, Anda bisa juga menghubungi pihak leasing. Setelah wawancara, Anda akan dituntun untuk mengajukan klaim. Bisa saja Anda sebagai pemilik polis diharuskan untuk mendatangi pihak leasing untuk wawancara.

  1. Menyiapkan berita acara

Cara klaim asuransi motor hilang BAF selanjutnya adalah mendatangi pihak kepolisian untuk mengurus hilangnya kendaraan Anda. Di kepolisian nanti Anda diminta untuk menyiapkan berita acara. Isi dari berita acara adalah data pribadi dan kronologis kejadian yang Anda alami. Maksimal Anda harus sudah membuat berita acara dalam 24 jam.

Setelah berita acara sudah disiapkan dan ditandatangani, ada dua orang yang akan dijadikan saksi oleh pihak kepolisian untuk memastikan kebenarannya. Saksi tersebut sangat dibutuhkan agar tidak ada rekayasa di dalam kejadian hilangnya motor tersebut.

Kemudian kepolisian akan langsung membuat surat tanda hilangnya kendaraan. Kepolisian juga akan memberikan bantuan dalam memberikan lapju atau laporan kemajuan mengenai proses pencarian motor tersebut.

  1. Mengurus surat pemblokiran

Nantinya, kepolisian akan melakukan blokir semua dokumen dari motor yang hilang agar tidak disalahgunakan. Surat tersebut didapatkan dari Ditlantas Polda setempat. Surat ini pun jadi salah satu pelengkap dokumen untuk mengajukan klaim.

  1. Mengurus surat di Direktorat Reserse

Cara klaim asuransi motor hilang BAF selanjutnya adalah meminta surat Kadit Reserse. Sebelumnya ada formulir permohonan yang harus diisi dengan lampiran dokumen seperti fotokopi KTP, BPKB, faktur pembelian, polis asuransi, tanda laporan dari kepolisian, surat pengantar asli dari asuransi, fotokopi TKP, surat DPB dan Lapju asli.

  1. Mengajukan klaim

Setelah semua tahapan di atas terlaksana, maka klaim sudah bisa diajukan kepada pihak asuransi. Anda harus mengisi formulir secara detail dan lengkap, disertai juga dengan fotokopi polis asuransi, SIM, surat kehilangan dari kepolisian, BAP, BPKB, faktur pembelian, STNK, kuitansi dengan materai 3 lembar, kunci kontak, surat dari Ketua Direktorat, surat pemblokiran, dan subrogasi.

Setelah semua siap, pihak asuransi akan memprosesnya dan pihak kepolisian akan memberikan waktu selama 30 hari kepada pihak asuransi untuk membayar uang ganti.

Klaim Asuransi Motor Kredit Kecelakaan FIF

Berkendara menggunakan motor pasti bisa saja terjadi kecelakaan yang mengakibatkan motor mengalami kerusakan. Rasa khawatir pasti ada, terlebih motor yang dimiliki masih dalam proses kredit. Sebenarnya asuransi bisa tetap didapatkan meski motor yang dimiliki merupakan motor kredit.

Klaim asuransi motor kredit kecelakaan FIF masih tetap bisa didapatkan dengan prosedur yang tepat. Jadi bagaimanapun cara mendapatkan motor tetap bisa mendapatkan asuransi bila terjadi kecelakaan.

Prosedur Mendapatkan Asuransi Kecelakaan Motor

Pihak asuransi bisa memberikan klaim asuransi kecelakaan bagi motor yang mengalami kecelakaan dan bisa meng-covernya sehingga pemilik motor tidak akan merasa khawatir. Namun tetap ikuti prosedur yang ada sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Prosedur klaim sendiri sangatlah mudah. Pastikan untuk tetap teliti dalam mengurus administrasi. Langsung saja berikut ini tahap atau prosedur klaim asuransi kendaraan bermotor.

  1. Langkah pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan jika mengalami kecelakaan adalah mengambil gambar atau foto bagian kendaraan yang mengalami kerusakan. Apalagi jika kerusakan yang dialami begitu berat atau bahkan sampai benar-benar tidak bisa digunakan atau sulit untuk berjalan. Foto tersebut nantinya sebagai bukti untuk klaim asuransi dari kecelakaan yang telah dialami tersebut.

  1. Menyiapkan dokumen

Proses klaim asuransi motor kredit kecelakaan FIF selanjutnya adalah menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Siapkan semua berkas yang memang penting meliputi fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK atau surat-surat kendaraan lainnya, kemudian surat keterangan dari kepolisian jika kendaraan yang dimiliki mengalami kecelakaan yang cukup parah.

  1. Mendatangi bengkel rekanan

Setelah semua dokumen lengkap dan sudah terkumpul, datangi bengkel rekanan dengan tujuan untuk klaim asuransi. Nantinya bengkel rekanan tersebut akan menghubungi pihak asuransi dan melakukan pengecekan tingkat kerusakan yang dialami. Jangan datangi bengkel lain yang bukan rekanan dan melakukan perbaikan agar klaim tidak ditolak.

Jika terjadi kecelakaan parah di luar kota, hubungi perwakilan dari pihak asuransi yang ada di daerah tersebut. Kemudian ceritakan secara detail insiden yang terjadi dan jangan lupa untuk meminta petunjuk untuk klaim di daerah tersebut. Batas waktu maksimal untuk menghubungi pihak asuransi adalah 3×24 jam setelah terjadi kecelakaan.

  1. Mengisi formulir

Proses klaim asuransi motor kredit kecelakaan FIF selanjutnya adalah mengharuskan pemilik untuk mengisi formulir klaim. Formulir tersebut harus diisi dengan jelas dan jujur. Perhatikan juga setiap detailnya dan jangan memberikan keterangan palsu karena bisa saja dicek kembali dan jika terbukti berbohong maka klaim tidak akan didapatkan.

Setelah semua terpenuhi, langkah selanjutnya tinggal menunggu proses klaim selesai. Baik sepeda motor kredit akan tetap diproses. Jika terjadi kerusakan yang sangat berat, proses klaim bisa dengan mudah didapatkan. Baca 20 Situs Pinjaman Online Terbaik Modal KTP

Klaim asuransi yang nantinya didapatkan adalah mengganti sesuai harga motor tertinggi sehingga uang yang didapatkan bisa digunakan untuk menutup kekurangan kredit dan sisanya bisa digunakan untuk mendapatkan motor kredit baru sebagai DP.

Jangan takut untuk mengasuransikan motor yang dimiliki meski didapatkan dengan cara kredit. Bagaimanapun cara mendapatkan motor tersebut, klaim tetap bisa didapatkan asalkan sudah memenuhi persyaratan yang diharuskan.

Segera asuransikan kendaraan sepeda motor Anda agar saat terjadi kecelakaan tetap bisa mendapatkan gantinya. Asuransi juga bisa memberikan ketenangan dan terhindar dari rasa khawatir. Apalagi proses klaim asuransi motor kredit kecelakaan FIF bisa diselesaikan dengan cepat asal sesuai dengan prosedurnya.