Bisakah Pengajuan KUR BRI Online Saat Ini

Kebutuhan seseorang tidak sama dengan pendapatan dan pengeluaran yang beragam. Ada kalanya seseorang dapat menabung dari pendapatannya. Tetapi sering terjadi pengeluaran yang tidak sesuai dengan pendapatan apalagi jika ada kebutuhan lain di luar rencana. Misalnya membutuhkan dana untuk berobat, sekolah maupun modal usaha.

Salah satu solusinya adalah dengan meminjam uang pada lembaga terpercaya seperti BRI. Sebagai bank pemerintah yang terpercaya, BRI menyediakan  program KUR dengan syarat mudah dan murah. Setiap orang yang membutuhkan dana tambahan dapat meminjam melalui KUR BRI. Bahkan saat ini telah tersedia program pengajuan KUR BRI secara online.

Saat ini media online sudah merambah ke hampir semua kehidupan masyarakat. Dengan adanya media online maka semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Begitu pula dengan pengajuan pinjaman pada BRI. Berikut ini cara dan tips pengajuan KUR BRI online yang mudah dilakukan.

Cara Pengajuan KUR BRI

Untuk mengajukan KUR ke BRI caranya sangat mudah. Jika calon peminjam telah memberikan syarat dokumen yang lengkap maka kredit akan cepat cair. Cara pengajuan KUR dapat dilakukan secara online atau mendatangi ke kantor BRI terdekat untuk mengisi formulir.

  • Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak
  • Usaha/bisnis yang berjalan haruslah telah aktif minimal enam bulan
  • Tidak memiliki tanggungan kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit
  • Wajib memenuhi persyaratan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Surat Ijin Usaha (SIU)

Tetapi jika mengajukan secara online dapat mengisi formulir secara online. Setelah pengisian formulir selesai kemudian pihak BRI akan memverifikasi data terlebih dahulu.

Pada pengajuan secara online harus menyertakan data identitas diri seperti KTP dan KK. Surat Keterangan Usaha juga dibutuhkan dan ikut disertakan. Kelengkapan berkas data lainnya adalah surat kepenunjukan agunan seperti sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB kendaraan atau surat agunan lainnya. Berkas-berkas tersebut discan terlebih dahulu sebelum dikirim.

Setelah formulir pengajuan dan berkas-berkas lengkap barulah pihak BRI akan melakukan peninjauan data peminjam. Aplikasi akan diproses dan dilakukan uji kelayakan usaha.

Meskipun pengajuan KUR BRI online tetapi survei tetap dilakukan oleh pihak BRI seperti pengajuan langsung ke kantor BRI. Survei ini memang sangat penting dilakukan untuk menilai kebenaran data dan kelayakan seseorang saat mengajukan pinjaman.

Setelah survei dan pihak peminjam dinilai layak dengan data-data yang benar maka pihak BRI baru dapat memberikan persetujuan peminjaman dana. Untuk memperkuat kerjasama antara pihak peminjam dan BRI maka calon peminjam harus mendatangi ke kantor BRI dalam rangka tanda tangan kontrak perjanjian. Penandatanganan kontrak ini mutlak dibutuhkan dan harus dihadiri oleh calon peminjam sendiri.

Dana pinjaman akan otomatis dikirim ke rekening peminjam setelah semua langkah selesai. Tidak membutuhkan waktu yang lama karena sekarang BRI memberi kemudahan pada program KUR. Peminjam harus mentaati peraturan yang telah ditentukan dan disetujui pada saat pendatanganan kontrak. Salah satunya adalah pengembalian kredit sesuai jadwal dengan bunga yang telah disepakati.

tabel bri

Tips Pengajuan KUR di BRI Disetujui

KUR BRI telah memberikan kemudahan untuk memperoleh dana tambahan. Tetapi ada pula beberapa tips yang harus diperhatikan agar pengajuan KUR BRI online dapat disetujui. Yang harus diperhatikan saat melakukan  peminjaman adalah menetapkan tujuan penambahan dana. Misalnya pengajuan KUR ke BRI bertujuan untuk memiliki atau menambah modal usaha bukan untuk kebutuhan konsumtif.

Tips selanjutnya adalah saat mengajukan berkas data usaha harus merupakan usaha milik sendiri dan bukan usaha milik orang lain. Hal ini akan sangat mempengaruhi apakah nantinya pengajuan kredit akan lolos atau tidak.

Untuk memastikan kepemilikan usaha akan dilakukan survei dari pihak BRI ke tempat usaha tersebut. Selain itu, sebaiknya usaha sudah berjalan minimal selama 6 bulan. Ijin usaha juga menjadi pertimbangan pada kelolosan pinjaman.

Tips berikutnya adalah calon peminjam sedang tidak mempunyai kredit di lembaga lain. Tetapi kredit yang konsumtif seperti KPR, kredit kendaraan atau kartu kredit masih dapat dipertimbangkan untuk diloloskan. Namun jika ternyata dari perhitungan pendapatan dan jumlah kredit oleh pihak bank ternyata tidak memenuhi kelayakan maka pengajuan pinjaman akan ditolak.

Meminjam uang secara online memang saat ini sedang marak tetapi sebaiknya dilakukan di lembaga yang terpercaya seperti BRI. Jika ingin mengajukan kredit usaha dapat mengajukan pinjaman KUR BRI yang mudah, aman dan terpercaya. Apalagi dengan adanya pengajuan KUR BRI online yang akan memberi kemudahan kepada semua orang saat membutuhkan tambahan dana usaha.