Bisa Gak Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua Yang Sudah Meninggal?

Pinjaman dengan sertifikat rumah memang  sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat bukan? Terlebih lagi bagi mereka yang membutuhkan dana dalam jumlah yang besar maka sertifikat rumah bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda. Tetapi bisa gak pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang tua yang sudah meninggal?

Secara umum, jika pihak peminjam akan melakukan pinjaman dengan menggunakan sertifikat milik orang tua maka salah satu pihak orang tua yang masih hidup harus menandatangani surat pernyataan jika sertifikat rumahnya akan dijadikan sebagai jaminan. Tetapi bagaimana jika orang tua sudah meninggal? Untuk  menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

Bagaimana prosedur pinjam uang dengan sertifikat rumah atas nama orang tua yang sudah meninggal

Tak bisa dipungkiri apabila banyak kasus di lapangan yang kerap terjadi dimana pihak pengaju pinjaman menggunakan jaminan sertifikat rumah orang tua yang sudah meninggal. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor seperti sertifikat tersebut belum balik nama.

Kendati, secara warisan tanah kekayaan milik orang tua dimiliki oleh nasabah yang bersangkutan tetapi pada umumnya proses pengajuan jaminan sertifikat rumah atas nama orang tua yang sudah meninggal tersebut tidak bisa diproses dengan baik kecuali memperoleh izin dari pemilik sertifikat tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut maka ada baiknya nasabah melakukan pengurusan balik nama sertifikat terlebih dahulu sebelum melakukan pinjaman. Dengan melakukan balik nama atas nama diri anda sendiri inilah maka anda akan semakin diberikan kemudahan untuk mendapatkan persetujuan  dari pihak kreditur atau lembaga keuangan.

Tetapi jika anda membutuhkan pinjaman yang mendesak dalam waktu yang cepat, maka cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan saksi. Saksi disini adalah apabila orang tua yang sudah meninggal tersebut mempunyai anak lain. Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah adanya sengketa di kemudian hari.

Harus Balik Nama Terlebih dahulu

Ini berkas yang wajib anda siapkan:

Bisa Gak Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua Yang Sudah Meninggal?

Sebelum pinjam dengan sertifikat rumah, perhatikan hal dibawah ini

  1. Pastikan mempunyai tujuan yang jelas

Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan dengan menggunakan sertifikat rumah, maka ada baiknya anda harus mempunyai tujuan yang jelas terlebih dahulu. Pasalnya mengambil pinjaman uang dengan sertifikat rumah  maka anda membutuhkan dana yang cukup besar bukan?

Hal ini bukan tanpa alasan karena apabila anda tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk apakah dana yang sudah anda dapatkan justru akan menyulitkan anda untuk melakukan cicilan. Untuk itulah, anda harus mempunyai tujuan yang jelas untuk apakah dana pinjaman tersebut.

  1. Jangan gunakan pinjaman untuk membayar cicilan yang lain

Ada banyak kesalahan yang kerap dilakukan oleh masyarakat ketika melakukan pinjaman yakni mereka akan meminjam uang untuk menutup pinjaman mereka yang lainnya. Padahal ini merupakan kesalahan  yang cukup besar. Hal ini tidak lain karena dengan cara inilah maka anda justru akan terlilit hutang lebih banyak

  1. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi keuangan anda

Selain itu, dalam melakukan pinjaman keuangan, sebaiknya anda juga tidak perlu untuk membohongi diri anda sendiri. Sebagai contohnya, anda akan mengambil pinjaman dalam jumlah yang besar. Padahal jumlah pinjaman tersebut  tidak sesuai dengan kemampuan finansial anda. Inilah  yang membuat anda wajib melakukan pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial anda.

Demikian penjelasan yang akan menjawab pertanyaan anda apakah bisa gak pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orangtua yang sudah meninggal? Selain itu, anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan pinjaman ini.