3 Resiko Apabila Tidak Membayar Cicilan Kredivo

Aplikasi Kredivo merupakan solusi modern dalam bertransaksi secara online maupun offline. Tidak hanya berperan sebagai kartu kredit digital, Kredivo juga menerima pengajuan pinjaman tunai yang dicairkan hanya dalam 5 menit.

Apabila memilih pembayaran lewat cicilan maka jangan sampai tidak membayar cicilan Kredivo kalau tidak ingin mengalami 3 resiko ini.

Persyaratan untuk Membuat Akun dan Mengajukan Kredit

Agar dapat menggunakan layanan dari Kredivo, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Kredivo tersedia gratis di Play Store untuk pengguna Android dan Apple Store untuk pengguna iPhone.

Setelah aplikasi terpasang, barulah Anda dapat mendaftar dan membuat akun asalkan memenuhi persyaratan berikut:

  1. WNI berumur minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun;
  2. Memiliki penghasilan per bulan minimal Rp 3.000.000,-;
  3. Berdomisili di salah satu daerah berikut antara lain Palembang, Makassar, Medan, Bali, Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang dan Surabaya.
  4. Menyiapkan beberapa dokumen, antara lain:
  • KTP yang masih aktif. Pastikan file KTP tidak buram sehingga dapat terlihat jelas
  • Swafoto yang memiliki kualitas bagus sehingga wajah Anda tampak jelas
  • NPWP milik pribadi sekaligus sebagai bukti bahwa Anda berpenghasilan
  • Bukti domisili dengan cara menghubungkan akun e-commerce dengan akun Kredivo. Pastikan akun e-commerce tersebut merupakan akun yang sudah digunakan untuk melakukan transaksi sehingga terdeteksi alamat Anda.

Resiko Jika Mangkir Membayar Cicilan

  • Dikenai denda keterlambatan

Apabila mengalami keterlambatan dalam membayar, maka pihak Kredivo akan mewajibkan sejumlah denda. Besaran denda yang dibebankan oleh Kredivo sebesar 6% dari nominal pinjaman yang didapatkan.

Denda tersebut dibayarkan per 30 hari terhitung dari batas jatuh tempo. Oleh sebab itu, jika tidak ingin terkena denda sebaiknya bayarlah sebelum jatuh tempo.

  • Dikenai bunga keterlambatan

Ternyata tidak hanya denda saja, peminjam yang tidak membayar cicilan akan dikenakan suku bunga keterlambatan. Berapa besarannya? Sebelum aturan baru dibuat, besaran bunganya adalah 2,95% per 30 hari.

Namun, semenjak diberlakukan peraturan yang baru besaran bunga keterlambatannya naik menjadi 4% per 30 hari. Akan membutuhkan biaya lebih banyak tentunya sebagai konsekuensi ketidakdisiplinan.

  • Dicap memiliki riwayat kredit yang buruk

Resiko yang ditanggung bukan hanya dalam bentuk uang melainkan juga dalam bentuk tertulis. Pihak Kredivo akan menandai para peminjam yang terlambat membayar sehingga riwayat transaksinya akan dicap buruk.

Hal tersebut berpengaruh pada reputasi Anda sebagai peminjam. Dampaknya, Anda tidak akan mudah mengajukan pinjaman selanjutnya atau bahkan sudah tidak diperbolehkan lagi.

Sebagai peminjam yang bertanggungjawab, tentu saja harus disiplin dalam membayar cicilan. Karena kalau sering mangkir maka bukan hanya biaya tambahan saja yang terkuras melainkan juga nama baik Anda akan tercemar.

Tipsnya, dari awal pilihlah nominal pinjaman dan tenor yang sekiranya masih dalam jangkauan kemampuan Anda. Dengan begitu akan meminimalisir keterlambatan.